Berbagi apa yang saya ketahui

23 March 2013

Melaksanakan Material Secara Manual

Pengangkatan dan pemindahan material/komponen secara manual akan selalu melibatkan tenaga manusia dalam memindahkan material dari tempat satu ketempat yang lain, seseorang akan mengeluarkan tenaga untuk mengangkat,membawa,menurunkan,mendorong,menarik,menahan,dan sebagainya. Untuk dapat melaksanakan itu secara aman seseorang harus memahami kekuatan tangan,kaki,badan,serta bagaimana cara mengambil posisi.

A.Kekuatan Badan/Punggung Saat Mengangkat
  Gaya tarik bumi yang sering disebut gravitasi, akan cenderung menarik semua benda kebawah, apabila seorang akan mengangkat material posisi bdan harus dalam kekuatan maxsimal untuk menghadapi gaya gravitasi, tangan sebagai tuas pemegang beban, kemudian punggung sebagai pusat tenaga beban dan kaki sebagai tumpuan.
b.Kekuatan pada tangan saat mengangkat
Sewaktu mengangkat beban lengan tangan sebagai tuas mengandalkan kekuatan pada otot bisep yang berkaitan dengan tulang kasta oleh ujung otot bisep yang disebut tendon tenaga/berat beban yang disangga akan disalurkan ke tendon otot bisep atas ketulang belikat .

C.kekuatan otot punggung saat tangan mengangkat
  Pada saat tangan mengangkat beban, tenaga yang disangga oleh otot bisep akan disalurkan melalui tulang belikat ke otot punggung. Karena Beban tersebut bekerja pada tangan yang pendek, maka beban justru akan banyak disangga oleh otot punggung .

D. prinsip-prinsip pengangkatan secara manual
-Upayakan beban sedekat mungkin dengan badan.
-Upayakan kedua tangan dapat memegang kuat pada benda yang akan diangkat.
-Hindarkan gerakan putar yang mendadak.
-Upayakan kosentrasi.
-Upayakan badan tetap lurus/tegap saat mengangkat.
-Upayakan badan disekitar titik tengah badan.
-Beban maxsimal setengah berat badan.

Semoga Bemanfaat...

Melaksanakan Material Secara Manual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

0 komentar:

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat. Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.